Logo Indonesia

CSPS-SKSG-UI Dukung Penuh Riset 'Urban Farming' Akuaponik oleh BRIN-INTANI

  Admin cspsui.com    Informasi Seputar Kegiatan CSPS CSGS SKSG UI    11-09-2023 12:44

CSPS-SKSG-UI Dukung Penuh Riset 'Urban Farming' Akuaponik oleh BRIN-INTANI

JAKARTA - Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) mendukung penuh kerja sama dan kolaborasi strategis antara Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI). Kerja sama ini telah dimulai pada Rabu (6/9) di INTANI Farm, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Tepatnya, kerja sama antara BRIN dan INTANI mengenai riset dan pengembangan sistem pengelolaan pertanian di kawasan perkotaan atau sistem urban farming dengan metode akuaponik. Metode ini merupakan cara bercocok tanam dengan mengintegrasikan budi daya ikan dan hidroponik. Adapun hidroponik ialah cara bercocok tanam dengan menggunakan medium air yang berisi zat hara.

Dalam pertemuan itu, turut hadir sekitar delapan peneliti BRIN di bidang 'urban farming' akuaponik. Hadir pula Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) INTANI, Guntur Subagja Mahardika, yang juga Ketua CSPS SKSG UI.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara serta Peneliti CSPS SKSG UI, antara lain, secara berurutan, ialah Dr. Nyoman Astawa, M.Si., M.Phil., Yanuardi Syukur, S.Sos., M.Si., dan Muhammad Ibrahim Hamdani, serta Ir. Riyan Sumindar, M.T. Sedangkan dari DPP INTANI, turut hadir Ustaz Bahar Rachman, Aris Eko Sedijono dan beberapa pengurus lainnya.

Salah satu hal menarik dalam riset tentang sistem urban farming dengan metode akuaponik, yang akan diteliti oleh BRIN bekerja sama dengan INTANI, ialah kebutuhan para ilmuwan BRIN untuk mengetahui apa saja jenis mikroorganisme yang dapat hidup, tumbuh dan berkembang pada medium air yang berisi zat hara di dalam ekosistem akuaponik.

Beragam mikroorganisme itu akan diteliti lebih lanjut, secara menyeluruh, mengenai peran, fungsi pengaruh, manfaat dan dampaknya terhadap tanaman di dalam sistem akuaponik. Dari hasil penelitian itu, BRIN dan INTANI akan memiliki bekal ilmu pengetahuan dan informasi yang memadai untuk memanfaatkan potensi mikroorganisme terhadap budi daya tanaman di dalam sistem akuaponik.

"CSPS SKSG UI menyambut baik kerja sama dan kolaborasi strategis antara BRIN dan INTANI mengenai riset dan pengembangan sistem urban farming dengan metode akuaponik. Potensi pembuatan dan  pengolahan pupuk organik sangat besar dari hasil penelitian ini," jelas Peneliti CSPS SKSG UI, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.p., M.Si.

Pene;iti CSPS SKSG UI

Tag: #Science

Langganan