Logo Indonesia

CSPS-SKSG-UI: “Selamat Hari Tani Nasional, 24 September 2023”

  Admin cspsui.com    Informasi Seputar Kegiatan CSPS CSGS SKSG UI    05-10-2023 13:59

CSPS-SKSG-UI: “Selamat Hari Tani Nasional, 24 September 2023”

JAKARTA – Segenap pengurus Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) mengucapkan Selamat Hari Tani Nasional 2023 pada Ahad (24/9) pagi, kepada seluruh petani dan pihak-pihak terkait lainnya di seluruh Indonesia.

“Selamat Hari Tani Nasional, 24 September 2023. Bangkit dan sejahtera petani Indonesia. Bersama petani, mari kita bangun pertanian nusantara yang unggul, mandiri, serta dapat menyejahterakan petani dan rakyat Indonesia,” tutur Ketua CSPS SKSG UI, Guntur Subagja Mahardika, pada Senin (25/9).

CSPS SKSG UI, lanjutnya, mengapresiasi positif langkah-langkah strategis petani milenial dalam melakukan hilirisasi produk-produk pertanian. Antara lain, dengan mengolah kopi menjadi kopi kemasan siap seduh dan juga kopi kemasan kaleng siap minum.

“Ada juga petani milenial yang membuka gerai-gerai kopi sehingga banyak dikunjungi konsumen. Ini merupakan praktik nyata dari hilirisasi produk-produk pertanian dan inovasi petani milenial Indonesia,” imbuh Guntur Subagja yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) itu.

Pernyataan senada diungkapkan oleh Peneliti CSPS SKSG UI, Marlon Semuel Constantine Kansil, S.Pi., M.Si., pada Senin (25/9). Menurutnya, pertanian menjadi salah satu unsur utama dari ketahanan nasional Indonesia.

“Indonesia telah masyhur dikenal sebagai wilayah agraris sejak dahulu. Itu sebabnya Pulau Jawa dikenal juga sebagai Pulau Padi, atau Jawadwipa, dalam bahasa sansekerta, sejak masa Kerajaan Tarumanegara,” ungkapnya.

Kedaulatan pangan nasional, lanjutnya, hanya dapat terwujud jika terdapat sistem pertanian yang efektif, efisien dan terintegrasi dari hulu hingga ke hilir. “Jadi para petani dapat hidup sejahtera dan konsumen tidak terbebani dengan harga pangan yang tinggi,” papar Marlon S. C. Kansil.

Sementara itu, Peneliti dan Bendahara CSPS SKSG UI, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., menyatakan bahwa lembaga risetnya tertarik untuk meneliti peran penting dan fungsi pokok pertanian Indonesia dalam lingkup perekonomian nasional.

“Negara Indonesia dikenal lua sebagai negara agraris yang sangat subur di dunia. Berbagai macam produk pangan berbasis pertanian dapat diproduksi di Indonesia secara masif. Misalnya tanaman padi, ubi, jagung, kelapa, cabai, bawang merah, tebu, kakao (cokelat), bawang putih, dan kedelai,” jelasnya pada Senin (25/9).

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Peneliti CSPS SKSG UI

Sumber Foto: CSPS SKSG UI, Kamis, 28 September 2023.

Keterangan Foto: Bendahara CSPS SKSG UI, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., (Ketujuh dari kiri) dan Wakil Ketua CSPS SKSG UI, Dr. Nyoman Astawa, M.Si., (Kedelapan dari kiri).

Tag: #Humaniora

Langganan