Logo Indonesia

Refleksi 78 Tahun Kemerdekaan RI: Pembangunan Papua - Edisi 2

  Admin cspsui.com        28-08-2023 21:45

Refleksi 78 Tahun Kemerdekaan RI: Pembangunan Papua - Edisi 2

Momentum mengejutkan terjadi dalam pelaksanaan "Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2023" di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (17/08/2023) pagi. Tepatnya saat sepatu pembawa baki untuk Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih, Lily Indriani Suparman Wenda, terlepas dari kakinya.

Peristiwa sepatu pantofel yang copot itu terjadi setelah Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dikibarkan. Tepatnya saat para anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bergerak dalam formasi dari halaman tengah istana menuju halaman samping barat Istana Merdeka, Jakarta.

Penulis turut hadir secara luring dalam momentum Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2023. Namun posisi tempat duduk penulis ada di bagian belakang sehingga tidak dapat menyaksikan peristiwa mengejutkan itu. 

Seperti dikutip dari laman https://nasional.kompas.com/read/2023/08/18/13413801/cerita-lilly-wenda-soal-insiden-sepatu-copot-saat-bertugas-bawa-baki-bendera, Lily Indriani Suparman Wenda menjelaskan seputar insiden sepatu copot itu. Berita ini ditulis oleh Dian Erika Nugraheny dan telah terbit pada Jumat (18/08/2023).

"Dari formasi. Pas di situ. Pas pengibaran belum terlepas, pas waktu kembali terlepas di situ. Sampai belakang sepatu nggak terpakai. Hanya memakai sepatu sebelah saja," ungkap anggota Paskibraka yang akrab disapa Lily Wenda itu pada Kamis (17/08/2023) malam di Wisma Negara.

Membaca pengakuan Lily Wenda ini, penulis pun turut bersyukur dengan sikap disiplin, percaya diri dan keyakinan teguh yang dimilikinya. Dampaknya, prosesi upacara tetap berlangsung khidmat, tenang dan berlangsung sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. "Enggak deg-degan. Karena percaya diri saja. Yakin dan percaya diri," ucap Lily Wenda kepada awak media.

Insiden sepatu copot Lily Wenda ini serta-merta mengingatkan penulis atas berbagai tantangan dan hambatan terhadap langkah-langkah strategis pemerintah RI dalam mempercepat program pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

- Pembentukan Provinsi Baru

Misalnya, tantangan besar terhadap pemekaran daerah dan pembentukan empat provinsi baru dengan otonomi khusus di Papua dan Papua Barat, yakni Provinsi Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan dan Papua Barat Daya.

Provinsi Papua Tengah beribu kota di Kabupaten Nabire serta diresmikan pada 30 Juni 2022, berdasarkan Undang-Undang (UU) RI Nomor 15 Tahun 2022 Tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah.

Sedangkan Provinsi Papua Selatan telah diresmikan pada 25 Juli 2022, berdasarkan UU RI Nomor 14 Tahun 2022 Tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan, dengan ibu kota di Kabupaten Merauke.

Lalu Provinsi Papua Pegunungan diresmikan pada 30 Juni 2022, dengan ibu kota di Kabupaten Jayawijaya, berdasarkan UU RI Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan.

Kemudian, Provinsi Papua Barat Daya menjadi satu-satunya pemekaran dari Provinsi Papua Barat yang diresmikan pada 8 Desember 2022, dengan ibu kota di Kota Sorong, berdasarkan UU RI Nomor 29 Tahun 2022 Tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya.

- Kesimpulan

Pemekaran dan pembentukan provinsi baru dengan status otonomi khusus di Provinsi Papua dan Papua Barat ini menjadi tonggak sejarah di masa pemerintahan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, dan Wakil Presiden (Wapres) RI, Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma'ruf Amin. Khususnya untuk percepatan program pembangunan di Papua dan Papua Barat. 

Harapannya, provinsi baru dapat menjadi batu loncatan, semangat dan motivasi luar biasa bagi Pemerintah RI serta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan dan Papua Barat Daya untuk lebih menyejahterakan masyarakatnya. Apalagi keenam provinsi itu menikmati status otonomi khusus.


Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si

Peneliti Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI).

Tag: #Humaniora

Langganan