Logo Indonesia

Refleksi 78 Tahun Kemerdekaan RI: Pembangunan Papua - Edisi Tiga

  Admin cspsui.com    Tulisan Artikel dan Essay Populer Ilmiah CSPS SKSG UI    30-08-2023 16:51

Refleksi 78 Tahun Kemerdekaan RI: Pembangunan Papua - Edisi Tiga

JAKARTA - Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) telah berlangsung pada Kamis, 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka, Jakarta. Upacara ini dipimpin oleh Komisaris Besar (Kombes) Polisi (Pol). Victor Dean Macbon, S.H., S.I.K., M.H., M.Si. Sedangkan Inspektur Upacaranya ialah Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo

Sang pemimpin upacara adalah sosok polisi berprestasi dan salah satu putera terbaik bangsa yang lahir di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, pada 13 Juni 1979. Saat ini, beliau juga mengemban amanat selaku Kepala Kepolisian Resort Kota (Kapolresta) Jayapura Kota di Kepolisian Daerah (Polda) Papua.

Informasi ini disampaikan oleh Yashinta Difa Pramudyani selaku pewarta dari Kantor Berita Antara, tepatnya di laman https://www.antaranews.com/berita/3685674/upacara-penurunan-bendera-hut-ke-78-ri-berjalan-lancar.

Membaca informasi di atas, penulis serta-merta teringat dengan berbagai program pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah RI denganp penuh gegap gempita, khususnya di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden (Wapres) RI, Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma'ruf Amin.

- BP3 Otsus Papua

Misalnya, Presiden Joko Widodo telah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 121 Tahun 2022 Tentang Badan Pengarah Percepatan Pembangunan (BP3) Otonomi Khusus (Otsus) Papua pada Jumat, 21 Oktober 2022. Adapun Ketua BP3 Otsus Papua ialah Wapres RI, Prof. KH. Ma'ruf Amin. Beliau telah mengukukan enam anggota BP3 Otsus Papua pada Senin, 29 Mei 2023, di Istana Wapres RI, Jakarta.

Enam anggota BP3 Otsus Papua yang dikukuhkan itu ialah : 1. Alberth Yoku, S.Th., sebagai perwakilan Provinsi Papua; 2. Irene Manibuy, S.H., selaku perwakilan Provinsi Papua Barat; 3. Yoseph Yanawo Yolmen; S.Pd.I., M.Si., M.R.S.C.,selaku perwakilan Provinsi Papua Selatan; dan 4. Irjen Pol. (Purn.) Drs. Pietrus Waine, S.H., M.Hum., selaku perwakilan Provinsi Papua Tengah.

Dua anggota BP3 Otsus Papua lainnya ialah: 5. Hantor Matuan selaku perwakilan Provinsi Papua Pegunungan, dan 6. Drs. Otto Ihalauw selaku perwakilan Provinsi Papua Barat Daya.

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo telah menetapkan Perpres RI Nomor 24 Tahun 2023 Tentang Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIP3) Tahun 2022 - 2041 pada 17 April 2023. RIP3 ini mengemban tiga misi besar pembangunan Papua, yakni Papua Sehat, Papua Cerdas dan Papua Produktif.

BP3 Otsus Papua dan RIP3 menjadi salah satu sarana penting pemerintah RI untuk melaksanakan program percepatan pembangunan di Papua. Tujuannya ialah mewujudkan warga Papua yang sehat, cerdas dan produktif. 

- Kesimpulan

Program percepatan pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat, serta empat provinsi baru di Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan dan Papua Barat Daya oleh Pemerintah RI sedang dan terus berlangsung dengan konsep perencanaan yang baik, terukur dan terencana. Hal ini seiring dengan penerapan otonomi khusus di enam provinsi tersebut.


Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Peneliti CSPS SKSG UI

Tag: #Humaniora

Langganan